Pages

Join The Community

Kekuatan Istighfar yang Dahsyat

Istighfar itu diambil dari bahasa Arab yang berarti memohon ampunan kepada Allah. Istighfar ibarat obat mujarab bagi dosa dan sebagai penebus kesalahan. Bukankah setiap hari kita tidak pernah lepas dari dosa? Setiap hari, dosa kita bertambah.

Bayangkan, seandainya setiap berbuat kesalahan dan dosa, kita meletakkan sebutir batu di depan rumah, bukankah batu-batu tadi akan membentuk gunung yang tinggi menjulang. Bayangkan juga seandainya setiap kali berbuat kesalahan, kita melemparkan sebutir batu ke sungai, bukankah lama-kelamaan batu tadi bisa membendung aliran Sungai?

Istighfar adalah kalimat penyesalan alias taubat kita kepada-Nya atas segala kesalahan yang pernah dilakukan. Dengan mengucapkan kalimat tersebut, setiap kali berbuat Dosa, berarti kita tengah memadamkan api yang menyala di jiwa.

Bertaubat sangat disukai ALLAH Swt. karena di dalamnya terkandung kepasrahan terhadap-Nya. Allah pernah berfirman:….Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang selalu beristighfar dan selalu bersuci (QS. Al-Baqarah [2] : 222).

Manfaat Istighfar

Membaca istighfar itu banyak manfaatnya. Nabi SAW juga setiap hari selalu membaca istighfar tujuh puluh kali, bahkan sampai seratus kali. Nabi Bersabda, ”Barangsiapa yang membaca istighfar dengan tekun, Allah akan memberinya jalan keluar dari segala kesusahan dan kesempitan hidupnya, dan Allah pasti memberinya rezeki secara tidak terduga-duga” (HR Abu Daud).

Pilihlah bacaan istighfar apa saja. Istighfar yang paling pendek ialah astaghfirullah (aku minta ampun pada Allah). Ini sering diucapkan secara spontan saat kita lupa sesuatu, atau melihat hal yang tidak layak disaksikan.

Dosa bisa menjadi penghalang berdatangannya rezeki. Rasulullah bersabda, “Seseorang diharamkan dari rezeki karena dosa yang dilakukannya” (HR Ibnu Majah, Hadits Hasan). Selain itu, dosa mendatangkan bencana. Seorang ulama gara-gara berkata kepada seseorang, ”Hai orang yang tidak punya uang”, empat puluh tahun kemudian dirinya terlilit utang.

Hidup kita tidak akan terlepas dari salah dan dosa. Karenanya, bacalah istighfar dan bertaubatlah. Yakinlah bahwa, “Allah senantiasa menerima tobat hamba-Nya selama nyawa belum sampai pada ujung tenggorokannya” (HR Tirmidzi, hadits hasan).

Tips Taubatan Nasuha

Taubat adalah langkah yang harus ditempuh seorang muslim. Taubat nasuha berarti kita bertaubat dan bersumpah tidak akan mengulangi perbuatan yang terkategori dosa. Berikut ini disertakan tips bertaubat yang baik dan benar.

  1. Tidak pernah kembali melakukan perbuatan tercela ketika telah bertaubat.
  2. Mengucapkan istighfar ketika kita telah melakukan dosa kecil.
  3. Terus rajin beribadah kepada Allah.
  4. Selalu berbuat baik kepada sesama.
  5. Selalu mencintai Nabi dan Allah dalam hidupnya.
  6. Takut ketika dirinya berbuat dosa tidak akan dimaafkan oleh Tuhan.

Setelah kita melakukan apa yang terdapat dalam tips di atas, pantas kiranya apabila seseorang disebut sebagai orang yang bertakwa. Mudah-mudahan kita termasuk dari golongan yang bertaqwa.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar

My Great Web page